Friday, December 28, 2012

Cara Menjadi Kaya Dengan Wajar

Definisi kaya bagi orang awam adalah memiliki uang yang banyak, punya simpanan dalam bentuk tabungan bank, emas, tanah, rumah, mobil/kendaraan, dan toko (memiliki usaha barang dan jasa). Semua yang disebutkan di atas bisa kita sebut dengan aset.(kekayaan).

Orang menjadi kaya atau lebih kaya daripada sebelumnya adalah mereka yang berhasil meningkatkan nilai asetnya. Jika terjadi sebaliknya, yakni mengalami penurunan nilai aset, maka ia disebut telah menjadi miskin daripada kondisi sebelumnya.

Bagaimana meningkatkan nilai aset atau kekayaan itu? Taruhlah Anda punya uang Rp50.000. Kemudian uang itu Anda belikan bahan membuat minuman dingin, Kemudian minuman itu Anda jual, sehingga uang tadi menjadi Rp 150.000,-. Nah, uang (salah satu bentuk aset) Anda sudah meningkat nilainya menjadi 200%. itulah yang disebut dengan meningkatkan kekayaan atau nilai aset.

Tidak seorangpun akan tahu seseorang yang terlihat kaya saat ini akan dapat menjadi kaya. Demikian juga seseorang yang terlihat biasa saja suatu saat bisa menjadi sangat kaya.

Kekayaan yang wajar tidak dapat muncul seketika. Mungkin saja orang kaya mendadak  dari hasil korupsi atau kejahatan lainnya, hal itu adalah kekayaan yang diperoleh dengan tidak wajar. Kekayaan sejati dapat dicapai dengan memupuk aset berdasarkan perencanaan yang matang, gaya hidup hemat (tidak konsumtif), dan menghindari gaya hidup pamer agar terlihat kaya, padahal dari pinjaman bank yang harus dilunasi pada waktunya.

Kesimpulan postingan kali ini adalah : jadilah kaya dengan membuat aset yang dimiliki menjadi produktif. Punya tanah? Jual ketika harga naik tinggi. Punya rumah (lebih)? Sewakan. Lainnya? Anda pasti lebih lihai. Selamat mencoba!




Comments
0 Comments
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment