Sunday, July 15, 2012

Definisi Obligasi ala Film The Bonfire of The Vanities

Selalu ada adegan yang menarik dalam sebuah film. Selalu ada hikmah atau pelajaran yang bisa diambil dalam sebuah adegan menarik dalam film. Sesuai dengan tema blog ini, film The Bonfire of The Vanities (1990) yang dibintangi antara lain oleh aktor kawakan Tom Hanks dan Bruce Willis juga menjelaskan salah satu definisi dalam istilah finansial, yakni obligasi.
Tom Hanks sebagai Sherman McCoy

Suatu ketika, Sherman McCoy(Tom Hanks) yang bekerja di Wall Street berkumpul bersama keluarganya yakni istrinya Judy McCoy (Kim Cattrlall) dan putrinya Campbell McCoy (Kirsten Dunst) dan ayahnya Mr McCoy (Donald Moffat) :

Campbell : apa pekerjaan ayah
Judy : ayahmu mengelola obligasi.
Campbell : apa itu obbligasi
Sherman McCoy : Jika kau memiliki uang, kau boleh meminjamkannya kepada orang lain dengan menerbitkan obligasi
Judy : Jika kau ingin membangun jalan dan tak punya uang kau boleh meminjam kepada orang lain
Campbell : Apakah ayah membangun jalan?
Judy : tentu saja tidak. Begini, jika ada orang membuat kue untuk dibagikan, ayahmu bertindak sebagai tukang bagi. Dalam proses membagi kue remah-remahnya berjatuhan. Remah-remah itulah yang dipungut ayahmu. Makin banyak kue yang dibagikan, makin banyak remah-remah yang dikumpulkan ayahmu. Makin besar kue, tentu makin besar remah yang didapatkan ayahmu. Jika ayahmu membagikan sambil berlari, maka ia akan memungut remah-remahnya sambil berlari.

Dengan demikian, dapat kita ambil kesimpulan bahwa Obligasi adalah sebuah instrument (kue) yang diterbitkan oleh sebuah badan usaha atau pemerintah untuk dibeli oleh para investor (penikmat kue) dalam jangka waktu tertentu dengan memberi keuntungan kepada pihak investor dengan tingkat bunga tertentu. Penerbit obligasi akan mengembalikan pinjaman dalam bentuk pokok dan bunga kepada pihak investor selama jangka waktu yang ditetapkan.

Jadi, dapatkah Anda menebak apa profesi Sherman McCoy yang bekerja di Wall Street  itu?
Comments
0 Comments
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment