Wednesday, July 4, 2012

Cara Mengukur Posisi Kekayaan Finansial Secara Sederhana


Hitunglah, berapa jumlah total aset finansial yang Anda miliki. Aset finansial adalah klaim satu pihak terhadap pihak lain atas kepemilikan sejumlah arus kas. Aset finansial bisa dikonversi menjadi kas. Aset finansial terdiri atas rekening di bank ( tabungan, deposito, giro ) saham , obligasi , untit penyertaan pada reksadana and others. Masukkan juga nilai bisnis dan investasi real estate yang Anda miliki.

Rumah yang menjadi tempat tinggal , termasuk mobil, pakaian, perabot rumahtangga , perangkat eletronik dan lainnya tidak dihitung sebagai aset finansial Anda.

Aset finansial lainnya adalah jumlah uang yang sudah diinvestasikan untuk persiapan pensiun dan atau pemasukan arus kas sebagai penerima hak pensiun.

Yang kedua, hitunglah utang yang Anda miliki. Utang terdiri atas utang jangka pendek, merupakan kewajiban yang harus diselesaikan dalam jangka waktu satu tahun. Contohnya utang kartu kredit atau utang kepada keluarga dan kolega Anda. Aset finansial pada investasi real estate juga diperhitungkan.

Kekayaan finansial = Total aset finansial – Total kewajiban finansial

Comments
0 Comments
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment