Friday, June 19, 2015

Business Plan Untuk Perusahaan Yang Sedang Eksis

Salah satu kegunaan pembuatan business plan adalah penggarapan peluang bisnis yang dianggap paling potensial di tahun depan sebelum Bisnis Plan dibuat. Baik itu jenis bisnis yang akan digarap maupun gabungan seluruh bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan.

Bisnis Plan dibuat secara lengkap, di mana poin-poin berikut ini biasanya dibuat oleh manajer yang akan menduduki sebuah jabatan eksekutif di sebuah Perusahaan. Penyusunan yang dikehendaki manajemen puncak biasanya sebagai berikut :


  • Executive Summary
  • Pendahuluan/latar belakang : Tinjauan umum kinerja bisnis dalam 5 tahun terakhir;Gambaran situasi bisnis (perekonomian nasional dan dampaknya serta kondisi spesifik daerah);Gambaran arah kebijakan pengembangan daerah (biasanya oleh Pemda setempat)
  • Goal Statement : 1. Target kinerja bisnis yang ingin dicapai, di-breakdown minimal untuk satu tahun ke depan; 2. Linkage target kinerja bisnis dengan strategi Perusahaan dan kebijakan perwakilan Pusat di daerah (misal : kanwil, kantor regional dan lain-lain)
  • Analisa potensi pasar : 1. Identifikasi dan analisis potensi perkembangan pasar  2. Analisis market size dan market trend 3. Analisis penetapan prioritas project (prioritas produk yang akan dikembangkan)
  • Analisis tekanan lingkungan bisnis (5 forces) 1. Persaingan pemain yang sudah ada 2. Ancaman masuknya pemain baru 3. Ancaman produk substitusi dan pengaruh produk komplementer 4. Bargaining power target market 5. Bargaining power pemasok / mitra kerja
  • Konsep bisnis : 1. Business Model, berupa gambaran proses bisnis yang akan dijalankan disertai revenue-stream dan trigger biayanya (capex/opex) 2. Milestone/pentahapan operasionalisasi dan dukungan atau pre-requisite yang dibutuhkan 3. Uraian Value added yang relevan bagi pelanggan 4. Sales dan marketing plan
  • Proyeksi keuangan :1. Estimasi target revenue yang akan diraih 2. Estimasi nilai capex dan opex yang dibutuhkan dan rencana eksekusinya 3. Analisis kelayakan (rasio keuangan :NPV, IRR, PI, Payback Period, BEP , dengan memilih salah satu yang relevan)
  • Analisis risiko ;1. Analisis risiko strategis dan rencana mitigasinya 2. Analisis risiko bisnis dan rencana mitigasinya
  • Analisis Hukum (Compliance) : 1. Analisa Regulasi Internal (AD/ART dan Keputusan Direksi) 2. Analisis Regulasi Eksternal ( Peraturan dan Undang-Undang
Bisnis Plan yang dibuat harus sesuai dengan kebijakan strategis Perusahaan , RKAP, Proyeksi/target pendapatan, biaya dan investasi (jika ada)
Comments
0 Comments
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment